Skip to main content

Fungsi NETWORKDAYS.INTL pada Excel

Fungsi NETWORKDAYS.INTL pada Excel
Fungsi NETWORKDAYS.INTL merupakan salah satu kelompok fungsi DATE & TIME yang memiliki fungsi yang sama seperti Fungsi NETWORKDAYS yaitu menghitung jumlah hari kerja efektif di antara dua tanggal.

Walaupun identik dengan fungsi NETWORKDAYS tetap memiliki perbedaan yaitu kita bisa mengatur parameter akhir pekan sesuai dengan kebutuhan kita, sedangkan fungsi NETWOKDAYS parameter akhir pekan selalu jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Syntax atau penulisan Fungsi NETWORKDAYS.INTL seperti berikut :

=NETWORKDAYS.INTL(start_date; end_date; [weekend]; [holidays])

Keterangan :
start_date : tanggal mulai kerja yang akan dihitung.
end_date   : tanggal selesai kerja yang akan dihitung.
weekend    : kode akhir pekan yang kita ingin abaikan dari hari kerja.
holidays     : range data atau kosntanta array yang berisi satu atau beberapa nomor seri tanggal libur kerja. (Optional). 

Adapun kode angka yang kita gunakan pada parameter weekend sama seperti kode angka pada Fungsi WORKDAYS.INTL , jadi bisa dikatakan fungsi ini kebalikan dari fungsi NETWOKDAYS.INTL atau sebaliknya. Berikut kode angka nya :
Kode Keterangan Akhir Pekan
1 Sabtu, Minggu
2 Minggu, Senin
3 Senin, Selasa
4 Selasa, Rabu
5 Rabu, Kamis
6 Kamis, Jum'at
7 Jum'at Sabtu
11 Minggu
12 Senin
13 Selasa
14 Rabu
15 Kamis
16 Jum'at
17 Sabtu
Berikut contoh penulisan Fungsi NETWORKDAYS.INTL : 

Contoh Fungsi NETWORKDAYS.INTL










Kita akan evaluasi formula pada rumus diatas yaitu

=NETWORKDAYS.INTL(D3;E3)

Pada rumus pertama ini fungsi networkdays.intl menghitung jumlah hari kerja efektif antara tanggal 1 Agutus 2019 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 dengan menganggap akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dimana para pekerja tidak masuk bekerja.

=NETWORKDAYS.INTL(D3;E3;11)

Pada rumus ke dua ini angka 11 pada argument weekend menentukan hari akhir pekan sebagai hari minggu saja (lihat pada tabel kode angka).

=NETWORKDAYS.INTL(D3;E3;"0000011")

Pada rumus ke tiga ini sama saja seperti pada rumus ke dua, namun pada rumus ke tiga argument weekend menggunakan kode string teks.

=NETWORKDAYS.INTL(D3;E3;11;B3:B8)

Pada rumus ke empat ini hari efektif kerja dihitung berdasarkan rentang tanggal 1 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 dan mengurangi dengan jumlah hari Minggu pada rentang tersebut serta sejumlah hari libur yang ditentukan pada range B3:B8.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi LOOKUP (Array) pada Excel

Bentuk array fungsi LOOKUP mencari nilai tertentu di baris atau kolom pertama sebuah array dan mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom terakhir dari array tersebut. Gunakan bentuk array saat kita harus mencari dari daftar nilai yang ukurannya kecil atau ketika nilainya tetap setelah sekian lama. Syntax atau bentuk penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY : =LOOKUP(lookup_value; array) Keterangan : lookup_value : Nilai yang dicari oleh LOOKUP dalam sebuah array. Argumen Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, nama range atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai. array              : Sebuah rentang sel yang berisi teks, angka, atau nilai logika yang ingin Anda bandingkan dengan lookup_value. Berikut contoh penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY seperti berikut : Contoh lainnya jika menggunakan range array : Untuk penggunaan fungsi ini yang harus kita perhatikan adalah bahwa Nilai-nilai dalam array harus disusun dalam urutan naik (dari kecil ke besar) kalau tidak, mak