Skip to main content

Fungsi MID pada Excel

Fungsi MID pada Excel
Fungsi MID merupakan salah satu kelompok Fungsi TEXT dalam Microsoft Excel yang berguna untuk mengambil beberapa karakter yang berada pada tengah teks.

Syntax atau bentuk penulisan Fungsi MID seperti berikut :
=MID(text; start_num; num_chars)

Keterangan :
text               : teks langsung atau cell reference berisi teks yang akan kita ambil karakternya.
start_num    : posisi karakter pertama yang akan diambil pada text
num_chars   : angka banyak karakter yang akan diambil dari sisi kanan.

Berikut contoh penulisan Fungsi MID :
Contoh Fungsi MID pada Excel

Rumus pada cell D9
=MID(C9;2;3)

Rumus diatas menunjukan kita akan mengambil 3 karakter dari sebelah kiri dimulai dari karakter ke 2 pada Cell C9 yang berisi teks "FUNGSI". Secara otomatis Excel akan mengambil 3 karakter dimulai dari karakter ke 2 pada kata "FUNGSI" maka menghasilkan kata "UNG" pada cell D9.
Ada yang harus diperhatikan ketika pengambilan karakter yaitu tanda spasi dan tanda baca lainnya termasuk karakter.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi LOOKUP (Array) pada Excel

Bentuk array fungsi LOOKUP mencari nilai tertentu di baris atau kolom pertama sebuah array dan mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom terakhir dari array tersebut. Gunakan bentuk array saat kita harus mencari dari daftar nilai yang ukurannya kecil atau ketika nilainya tetap setelah sekian lama. Syntax atau bentuk penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY : =LOOKUP(lookup_value; array) Keterangan : lookup_value : Nilai yang dicari oleh LOOKUP dalam sebuah array. Argumen Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, nama range atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai. array              : Sebuah rentang sel yang berisi teks, angka, atau nilai logika yang ingin Anda bandingkan dengan lookup_value. Berikut contoh penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY seperti berikut : Contoh lainnya jika menggunakan range array : Untuk penggunaan fungsi ini yang harus kita perhatikan adalah bahwa Nilai-nilai dalam array harus disusun dalam urutan naik (dari kecil ke besar) kalau tidak, mak