Skip to main content

Fungsi MID pada Excel

Fungsi MID pada Excel
Fungsi MID merupakan salah satu kelompok Fungsi TEXT dalam Microsoft Excel yang berguna untuk mengambil beberapa karakter yang berada pada tengah teks.

Syntax atau bentuk penulisan Fungsi MID seperti berikut :
=MID(text; start_num; num_chars)

Keterangan :
text               : teks langsung atau cell reference berisi teks yang akan kita ambil karakternya.
start_num    : posisi karakter pertama yang akan diambil pada text
num_chars   : angka banyak karakter yang akan diambil dari sisi kanan.

Berikut contoh penulisan Fungsi MID :
Contoh Fungsi MID pada Excel

Rumus pada cell D9
=MID(C9;2;3)

Rumus diatas menunjukan kita akan mengambil 3 karakter dari sebelah kiri dimulai dari karakter ke 2 pada Cell C9 yang berisi teks "FUNGSI". Secara otomatis Excel akan mengambil 3 karakter dimulai dari karakter ke 2 pada kata "FUNGSI" maka menghasilkan kata "UNG" pada cell D9.
Ada yang harus diperhatikan ketika pengambilan karakter yaitu tanda spasi dan tanda baca lainnya termasuk karakter.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi LOOKUP (Array) pada Excel

Bentuk array fungsi LOOKUP mencari nilai tertentu di baris atau kolom pertama sebuah array dan mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom terakhir dari array tersebut. Gunakan bentuk array saat kita harus mencari dari daftar nilai yang ukurannya kecil atau ketika nilainya tetap setelah sekian lama. Syntax atau bentuk penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY : =LOOKUP(lookup_value; array) Keterangan : lookup_value : Nilai yang dicari oleh LOOKUP dalam sebuah array. Argumen Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, nama range atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai. array              : Sebuah rentang sel yang berisi teks, angka, atau nilai logika yang ingin Anda bandingkan dengan lookup_value. Berikut contoh penulisan Fungsi LOOKUP ARRAY seperti berikut : Contoh lainnya jika menggunakan range array : Untuk penggunaan fungsi ini yang harus kita perhatikan adalah bahwa Nilai-nilai dalam array harus disusun dalam urutan naik (dar...

Fungsi NETWORKDAYS pada Excel

Fungsi NETWORKDAYS merupakan salah satu kelompok fungsi DATE & TIME dalam Microsoft Excel yang berguna untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal selain akhir pekan ( sabtu dan minggu ) dan tanggal-tanggal tertentu yang ditentukan sebagai hari libur atau bukan hari kerja. Syntax atau bentuk penulisan Fungsi NETWORKDAYS sebagai berikut :  =NETWORKDAYS(start_date; end_date; [holidays]) Keterangan :  start_date : tanggal mulai kerja yang akan dihitung. end_date  : tanggal selesai kerja yang akan dihitung. [holidays] : range atau konstanta array yang berisi nilai tanggal yang menunjukkan nomor seri tanggal yang akan dikecualikan dari hari kerja efektif. ( Optional ). Berikut contoh penulisan Fungsi NETWORKDAYS :  Kita akan evaluasi formula pada rumus pertama yaitu  =NETWORKDAYS(D3;E3)    Pada rumus pertama ini jumlah hari kerja antara tanggal 1 januari 2019 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019 adalah 261 Hari kerja efektif. Angka ini di da...